Penolakan Segalah Pemekaran Distrik maupun Kabupaten Baru dari dalam Kabupaten Dogiyai



Oleh: Antonius Boma

Antonius Boma

MAJALAHWEKO, – Kepulauan papua dari Sorong sampai Samarai tidak memungkinkan bagi Bangsa West Papua karena realitanya setiap detik pembunuhan , pemerkosaan, penindasan, pemerkosaan, Pemekaran dan lain sebagainya dimana-mana. Maka kami sebagai agen of change dari papua barat sudah mengetahui apa yang terjadi di kepulaun papua tetapi kenapa ada banyak orang yang selalu bergabung dalam orang yang berjuang demi menghancurkan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA)-nya.

Kami tau bahwa jalan masuk kapitalisme, klonialisme, dan militerisme diatas tanah papua ialah Desa, Distrik maupun Kabuapaten. Maka saya sebagai salah satu agen perubahan dari Kabupaten Dogiya sangat tidak terima atas segalah pemekarang yang sedang berjuang dari Kabupaten Dogiyai itu.

Dan dalam Kabupaten Dogiyai tolong jangan membedakan ko dari ini dan ko dari itu tetapi Kabupaten Dogiyai ialah milik Generasi Penerus Dogiyai. Maka alangkah baiknya segalah elemen diharuskan putra daerah yang mengutamakan itu penting. bukan kita berjuang Distrik maupun Kabupaten kabupaten baru hanya karena jabatan dan lain sebagainya.

Jika anda mau memekarkan Distrik Maupun Kabupaten dari kabupaten Dogiyai berarti, sebelumnya kami layak dimekarkan ialah: 1.Pendidikan. 2. Kesehatan.3.Sumber Daya Manusia (SDM). 4. Sumber Daya Alam (SDA). 5. Generasi penerus yang cerdas dan lain sebagainya apa sudah siapkan….?

 Yang diatas ini kami belum siapkan lalu pemekaran Distrik, Kabupaten bahkan Provinsi Papua Tengah berarti itu elit-elit politik mereka senang tetapi akan mendatangkan jalan kemiskinan bagi rakyat yang ada di papua khususnya dalam Kabupaten Dogiyai.

Aneh tapi nyata juga apa yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu mekukan dalam Kabupaten Dogiyai. Distrik dan Kabupaten yang ada saja orang pendatang yang kuasai dalam bidang terpenting.

Tetapi putra daerah yang berjuang stenga mati hanya karena jabatang yang demi indidual, bukan seluruh lapisan masyarakat itu, apakah mereka sudah beli tanah dari ujung sampai ujung di wilaya mapia.

Iangatlah abang, hidup dan kehidupan untuk massa depan mereka, karena pengganti anda saya adalah mereka bukan orang pendatang. Maka kita sebagai generasi penerus apa yang kami lakukan sekarang demi untuk massa depan anak cucu kita….!

Sebab kami sendiri tidak melakukan hal yang efektif bagi mereka, musti orang datang hami demi untuk menghancurkan selgalah elemen yang ada di kabupaten Dogiyai. Bukan mereka datang untuk melindungi kami.

Namun anda dan saya ialah agen perubahan maka ingatlah kawan, menolak yang merugikan dan menjaga yang ada itu sangat penting.

Penulis secara ilustrasi besar yang diatas ini, salah satu Mahasiswa anti pemekaran Distrik maupun Kabupaten asal dari papua yang sedang menimbah ilmu di kota study Makassar.

Ditulis dalam Artikel

Dulu Bangsa Merdeka dan Berdaulat, Kini Bangsa yang Diduduki, Dijajah dan Dimusnahkan oleh Kolonial Indonesia


Oleh Dr. Socratez S.Yoman

IMG_0129-1

Foto: Dr. Ndumma Socratez S. Yoman, M.A (Presiden Baptis Papua). 

  1. Pendahuluan

Saya akan menulis apa yang saya tahu & yang saya percaya. Saya selalu menulis apa yang saya lihat. Saya selalu menulis apa yang dialami oleh bangsaku. Saya selalu bersuara bagi bangsaku yang tak bersuara, dan membisu.  Read more ›

Ditulis dalam Artikel, Opini, Suara Baptis, Suara Gereja

Umat Baptis Wamena menggelar Ibadah Akbar, Memperingati Hari Injil masuk 62 Tahun (1956-2018) di Lembah Balim Wamena Papua


IMG_0021-1

Dr. Ndumma Socratez S. Yoman M.A (Presiden Baptis Papua) Photo: Nuken/MW.

MAJALAHWEKO, WAMENA, – Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua (PGBP) Wilayah Wamena menggelar Ibadah Akbar, dalam rangkah memperingati hari Injil masuk 62 Tahun (1956-2018) di Lembah Balim Wamena Papua. Minggu, tanggal 28 Oktober 2018.  Read more ›

Ditulis dalam Artikel, Opini

Aksi Tolak Pembangunan MAKODAM di Asologaima dan Pengukuhan Kepala Suku Besar Sepegununggan Tenggah Papua


IMG_0206-1

Foto: Penyerahan Peryataan sikap Aksi Solidaritas Masyarakat Pegununggan Tenggah Papua dari Korlap kepada DPRD Kab. Jayawijaya. Nuken/MW.

MAJALAHWEKO, WAMENA – Ribuan Masyarakat, Pemuda/u dan Mahasiswa Papua melakukan Aksi Solidaritas Peduli Masyarakat Pegununggan Tenggah Papua Hari ini. Senin, 12/11/2018.  Read more ›

Tagged with: ,
Ditulis dalam Berita, Nasional

Kampanye Terbuka, Yomi: Demi Anak Jalanan, Saya siap Menang dan Jadi Ketua DPRD Kab. Jayawijaya


jnjfierw-1

Yomi Kogoya, S.IP, Caleg Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Jayawijaya.

MAJALAHWEKO, WAMENA – Kampanye Terbuka, dan Sosialisasi Caleg Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten jayawijaya digelar di Uweme, I. Jl. Lorong samping Kodim Wamena Papua. Jumat, 09/11/2018.  Read more ›

Ditulis dalam Berita
%d blogger menyukai ini: