Nasib Masyarakat Sipil di Papua Terancam


MAJALAHWEKO, – Saya sebagai Pemerhati Ham Papua, sangat perihatin dengan situasi pelanggaran Ham di papua di akhir-akhir ini, masyarakat sipil orang asli Papua dan Non Papua hidup dengan penuh rasa takut dan terauma di tanah ini, pembunuhan terjadi di mana-mana terhadap masyarakat sipil.

Tindakan OPM juga sangat meresahkan bagi warga pendatang yang ada di daerah-daerah pendalaman lebih khusus di wilayah pegunungan Tengah Papua. Menurut saya warga masyarakat sipil non Papua wajib dilindungi juga, karena mereka juga punya hak yang sama dengan kita untuk hidup bebas dari segalah macam ancaman. 

Karena hak hidup setiap manusia itu telah diatur oleh Tuhan Allah sejak masih berada dalam kandungan, untuk itu siapapun tidak punya hak mencabut atau menghilangkan nyawa manusia dengan secara paksa. Kecuali undangan khusus dari Tuhan Allah melalui kematian resmi artinya mungkin karena sakit atau lain-lain.

Kita Perlu ketahui bahwa dipandangan Tuhan manusia itu sama tidak ada yang lebih istimewa di dunia ini, penguasa sekalipun juga sama di Pandangan Tuhan.

Tindakan Militer dan ABRI juga sangat meresahkan bagi masyarakat sipil orang asli papua, yang kini sampai hari ini masyarakat sedang mengungsi ke hutan, nasip mereka tergantung begitu saja. Anak-anak sebagai penerus bangsa tidak bisa sekolah dengan baik, sekolah menjadi kosong tak ada guru disana

Saya mau sampaikan dengan jujur bahwa TPNPB/OPM dan TNI/ POLRI silakan tentukan tempat mau perang di mana k ! jangan perang di lingkungan di mana masyarakat sedang berada sehingga tidak mengganggu seluruh aktivitas masyarakat sipil, seperti beribadah, mereka bebas datang ke Rumah sakit, anak-anak bisa Sekolah dengan bebas, masyarakat bisa berkebun dengan bebas, bagian sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap orang.

Disini juga perlu ketahui bahwa setiap orang yang dengan sengaja menghilangkan nyawa manusia adalah berurusan dengan Tuhan Allah, dan akan bertanggung jawab di hadapan Tuhan di surga sebagi pemilik manusia. Karena harganya sudah di lunas dibayar.

Selain dari itu juga setiap orang yang menghilangkan nyawa manusia dengan unsur sengaja wajib mempertanggung jawabkan secara hukum sesuai undang-undang yang berlaku di negara ini. Karena menghilangkan nyawa manusia adalah melanggar hukum pidana ( KUHP )

Yayasan Keadilan dan Keutuhan Manusia Papua ( YKKMP)

Pemerhati ham internasional

DIREKTUR EKSEKUTIF

Theo Hesegem

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Artikel dan Opini, Ham, Pendidikan dan Kesehatan, Polhukham

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: