Pemuda Baptis Papua Menggelar Acara Hut yang ke 13, dan Natal di Timika Papua


MAJALAHWEKO, JAYAPURA – Departemen Pemuda Baptis Papua Menggelar Natal bersama dan Hut Pemuda Baptis Papua ke 13 di timika Papua. Kegiatan ini dimulai dari kemarin sabtu, 08/12/2018, mulai terima Tamu dari luar kota. Acara dilanjutkan dengan Pembukaan persembahan untuk Tuhan. Dan Hari ini Minggu, 09/12/2018, agenda Ibadah Natal dan memperingati Hut Pemuda Baptis Papua ke 13.

Kegiatan Natal dan Hut ke 13 ini di pimpin langsung oleh Leir Wenda, S.Th, Sekjen I, Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua (PGBP). Sebagai pembicara dalam acara ini dengan tema “Menerima Kelahiran Baru” dengan ayat renungan dalam kitab Injil Lukas 1: 26-36.

Leir Wenda, dalam Khotbah mengatakan “Natal bukan karena kita bikin mewah-mewah di rumah, pasang lampu kelap-kelip dimana-mana, bukan juga karena masak Wam atau istilahnya makan bunuh, tetap yang lebih penting disini adalah bagaimana kita merupa menjadi kelahiran baru”.

Menurut Wenda, “Natal ke Natal, orang Kristen, orang Baptis, Orang Papua tidak pernah beruba, kehidupnya tetap sama, jadi dengan Natal 2018 ini dan Hut 13 ini, kita bisah menerima kelahiran baru”.

Leir, juga mengajak untuk selalu berdoa buat aktivis Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), atau Organisasi Papua Merdeka, (OPM), yang di Hutan maupun di dalam kota. Karena mereka adalah Bagian dari kita.

[slideshow_deploy id=’9562′]

Foto Kegiatan dapat dilihat diatas ini…!!

Australian Baptist Missionary Society (ABMS Australia) datang ke Papua tidak pernah sebut Orang Baptis atau orang Papua itu OPM, KKSB, mereka tidak pernah sebut hal itu, ABMS mengajarkan hal yang benar. jadi, anda Indonesia mau bangun Tanah Papua, bangunlah yang benar, mengajar yang benar. Karena tidak ada yang bodoh, termasuk kami orang Papua, jadi tidak bisah main-main. Karena Tidak ada yang bangsa bodoh yang ada disini. Tanah ini Tuhan berikan untuk orang kulit Hitam rambut keriting, Orang Papua.

Leir mengatakan “Sepi Wanimbo, tingkatkan, saatnya anda pimpin. Hak kesulungan ada diatas pundak anda, ABMS datang membawa hak kesulungan di tengah-tengah orang lanny, jadi saya harapa pertahankan itu, sepi dengan kawan-kawan kalian punya tempat, saatnya kalian pimpin, tidak bisah mengharapkan kepada orang lain. Kata Leir.

“Kami pengurus Kepresidenan hanya memberkan apresiasi dan teruskan semua pelayanan, kami tetap kawal dan jaga. Terima kasih atas jemaat yang sudah memberikan bantuan baik tenaga maupun atau finansial jemaat atas terselengaranya kegiatan departemen Pemuda Baptis Papua.

Sementara itu, Sepi Wanimbo, S.IP.M.KP. Ketua Departemen Pemuda Baptis Papua mengucapkan banyak terima kasih kepada Panitia penyelengara kegiatan Natal Bersama dan memperingati Hut ke 13 pemuda Baptis Papua. Saya saya memberikan apresiasi kepada semua Panitia atas kerja keras hingga saat ini kegiatan sedang berlangsung.

Kata sepi “Hari ini kita sudah masuk usia yang ke 13, yang tidak terlepas dari dukungan Doa orang-orang benar, orang-orang beriman. Kita terus doa, terus kawal dan tingkatkan pelayanan kita dalam persekutuan-persekutuan.

Lanjut sepi, “Kita sudah dewasa, jadi kami pemuda tidak tergantung oleh siapapun, kita harus mandiri dalam Dana, Daya dan Teologi.

Sepi menjelaskan sejarah Pembentukan Panitia Konferensi I Departemen Pemuda PGBP Tahun 2006.

Secara organisasi PGBP dibentuk pada 14 Desember 1966. Pembentukan Departemen Pemuda sejak itu sudah ada dan berjalan pelayanannya sesuai kondisi, dinamika pelayanan dari masa ke masa. Namun sampai tiba pada kepemimpinan Ev.Lelius R. Wanimbo, S.Th  sebagai ketua Departemen Pemuda PGBP atau Kepemimpinan Dr. Socratez S.Yoman, M.A sebagai Presiden BPP-PGBP belum pernah dilakukan konferensi Pemuda Baptis Papua.

Konferensi I Departemen Pemuda dilaksanakan pada 9 Desember – 14 Desember 2006 di Gereja Baptis Magi di Makki. Pemuda/I dari seluruh wilayah hadir termasuk beberapa mahasiswa Baptis yang studi di Jawa diundanga tetapi satu dan lain hal mereka tidak hadir.

Konferensi II tidak terlaksana lagi setelah konflik internal gereja memuncak pada tahun 2007, Dimana kepemimpinan Departemen Pemuda PGBP periode 2007-2012 dipimpin oleh Ev. Lelius R.Wanimbo, S.Th, Periode 2012-2017 Ev. Leir Wenda, S.Th namun dalam perjalanan Ev.Leir Wenda terpilih sebagai Sekretaris II BPP-PGBP dan posisi Ketua Departemen Pemuda PGBP selanjutnya dipimpin oleh Merius Kogoya yang memimpin Pemuda secara nasional, dan Sepi Wanimbo, S.IP.M.KP memimpin Pemuda wilayah Jayapura dan Wilayah Pantai. Dalam kepemimpinan Merius Kogoya dan Seppi Wanimbo berhasil pelayanan yang sukses salah satunya membentuk persekutuan pemuda segi tiga (Baptis, GIDI dan KINGMI).

Kelompok yang menentang selama periode itu akhirnya memisahkan diri membentuk sinode sendiri pada tahun 2007. Pemisahan seperti ini, bukan baru pertama kali terjadi dalam tubuh PGBP, tetapi sebelumnya juga sudah keluar sebelumnya yaitu kelompok yang membentuk Persekutuan Gereja Baptis Anugerah. Kelompok ini adalah saudara-saudari kita dari Sorong.

Mereka di dalam sejarahnya adalah dari misi anabaptis, kemudian anabaptis misionarisnya pulang, kekosongan pelayanan di wilayah Sorong kala itu diisi oleh GKI di Tanah Papua. Beberapa anak muda yang hijra dari Sorong ke Jayapura untuk tujuan kuliah, dilayani oleh Pdt. Djoseph Kaya Karetji, MA,  dan tua-tua lainnya, tetapi kemudian mereka memilih keluar dari PGBP dalam Kongres 2002 di Wamena. Dan realisasi penandatanganan pemisahan itu dilakukan sekitar tahun 2003/2004 di Kantor Pusat PGBP di Jalan Jeruk Nipis Kotaraja No.102, P.O.Box 1212 Jayapura, Papua.

Konferensi II Departemen Pemuda PGBP baru terselenggara pada tahun 2017 setelah fakum sekitar 12 tahun 2005-2017. Konferensi II ini terlaksana di bawah kepemimpinan Merius Kogoya, dan Ketua Panitia saat itu terpilih Sdr. Kilion WendaS. IP,  di Gereja Baptis Yame dan dilaksanakan Konferensi II Departemen Pemuda PGBP Dengan Tema’ “Saatnya Pemuda Bangkit Untuk Mandiri” Sub Tema. “Melalui Konferensi II Departemen Pemuda Baptis Papua Kita Mandiri Dalam Teologi Daya dan Dana”. Terlaksana pada hari selasa 29 Angustus – 1 September 2017 pembukaan Konferensi II Departemen Pemuda PGBP di UPTD Museum Negeri Papua dan Konferensi II          Departemen Pemuda Berlansung di Kantor. Pusat Kepresidenan Persekutuan Gereja – Gereja Baptis Papua di ita wakhu purom  lantai II AULA Gartuwan Kogoya ini telah memilih Seppi Wanimbo, S.IP sebagai Ketua Departemen Pemuda Persekutuan Gereja – Gereja Baptis Papua untuk masa pelayanan 2017-2022.

Konferensi II ini telah berhasil membantu organisasi sayap pemuda Baptis yang disebut Gerakan Anak Muda Baptis Papua (GAMBP).

Kegiatan ini ribuan jemaat dari seluruh kota Timika Papua dapat hadir, dan simpatisan dari Gidi, Kingmi, dan Katolik terlihat ikut meramaikan Natal dan Hut Bersama. Sesuai dengan jadwal yang di susun bahwa kegiatan ini  berakhir besok senin, 10/12/2018. Dengan acara Bakar batu yang sudah siapkan oleh Panitia atau pemuda Wilayah Timika Papua.

Akhiri penulisan dengan ucapan “selamat Hut Departemen Pemuda Baptis Papua yang ke 13, dan Selamat Natal untuk seluruh Pemuda Baptis Tanah Papua” Semoga pemuda Baptis terus maju dalam setiap pelayanan dan tanggung jawab yang Tuhan berikan*.

(Penulis: Nuken/MW)

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Berita, Pemuda Baptis, Suara Baptis

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: