Jalan Jayapura-Wamena Berdampak Turunkan harga Barang


MAJALAHWEKONEWS.COM, JAYAPURA, Jalan trans Papua poros Jayapura-Wamena sepanjang 575 km yang kini sudah terhubung mulai berdampak dan dirasakan masyarakat dengan turunnya harga bahan pokok dan kebutuhan lainnya.

Bupati Yalimo, Lakius Peyon, di Elelim, Ibu Kota Kabupaten Yalimo, Sabtu (8/9/2018) petang, mengatakan beberapa harga kebutuhan masyarakat kini menurun seperti beras, semen, dan lainnya.

Dia mengakui jalan tersebut belum layak untuk dilewati karena masih dalam tahap pengerjaan namun minat masyarakat untuk melewatinya tinggi, karena mereka dapat membeli lebih banyak barang kebutuhan dengan biaya angkut yang relatif murah.

“Sulit membendung masyarakat yang hendak melintas di jalan trans karena mereka sudah merasakan dampaknya secara langsung seperti harga semen saat ini sekitar Rp 300 ribu/sak,” katanya.

Namun pihaknya akan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak melintasi jalan tersebut hingga selesai pengerjaannya.

“Bila jalan itu terus dilewati, dapat menyebabkan tertundanya pekerjaan pembangunan jalan,” kata Bupati Peyon, usai menerima rombongan Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) XVII Papua, Oesman Marbun, di Elelim.

Kepala BBPJN Papua, Oesman Marbun, mengatakan belum dapat dilintasinya ruas jalan Jayapura-Elelim yang nantinya tersambung ke Wamena disebabkan perusahaan yang mengerjakan pembangunan jalan saat ini masih melakukan penurunan ketinggian serta pembukaan lokasi baru.

“Saat ini penggerjaan jalan ruas Benawa-Elelim masih ada beberapa lokasi yang dilakukan pengerukan sehingga takut terjadi longsor,” kata Marbun.

Dia mengatakan akibat banyaknya kendaraan yang melintas menyebabkan proses pengerjaan berjalan lambat karena terkadang terganggu.

Bahkan ada beberapa kasus menyebabkan para pekerja harus membantu masyarakat yang melintas karena mengalami kendala misalnya mobil terperosok atau lainnya.

“Kami berharap untuk sementara waktu masyarakat tidak lagi melintas sehingga para pekerja dapat menyelesaikan pekerjaan dan jalan tersebut dapat dilintasi dengan aman,” kata Marbun.

BBPJN XVII Papua, Jumat (8/9/2018), melakukan road trip Jayapura-Wamena dipimpin Kepala BBPJN, Oesman Marbun, dengan mengerahkan 16 mobil yang memiliki dobel gardan.

Ruas jalan Jayapura-Wamena sepanjang 575 km ditempuh sekitar 24 jam dengan menginap di camp milik PT. Virgana, salah satu kontraktor yang mengerjakan jalan poros Jayapura-Benawa. (*)

(Sumber: http://www.tabloidjubi.com)

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Berita

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: