Bangsa West Papua Mampu Berdiri Sendiri Tanpa Indonesia


Oleh: Dr. Socratez Sofyan Yoman

yali suku asli

Mama-Mama Papua (Foto: Ilst)

MAJALAHWEKO.COM, –  “Rakyat dan bangsa West Papua sanggup, mampu dan bisa hidup dan bisa mengatur diri sendiri tanpa Indonesia. Karena sejarah membuktikan bahwa sebelum Indonesia datang, menduduki, menjajah, menindas dan menjarah bangsa West Papua sejak tahun 1961, rakyat dan bangsa West Papua pernah hidup sebagai bangsa merdeka dan berdaulat selama 8.000 tahun. 

Dalam spirit ini, siapapun dan posisi apapun Anda sebagai bangsa West Papua HARUS BANGKIT untuk melawan kolonialisme, kejahatan yang dilakukan Indonesia atas Tanah leluhur, tulang belulang dan roh-roh nenek moyang kami.”

“Salah dan tidak benar dan sangat berdosa dan tidak ada dasar yang kuat pemerintah Indonesia dan TNI/Polri menindas dan membunuh dan memusnahkan kami di atas tanah leluhur kami sendiri.

Waspadalah Anda semua pelaku kejahatan kemanusiaan dan ketidakadilan terhadap bangsa kami, West Papua. Anda tidak ada lari dari kutuk, murka dan malapetaka dari Tuhan. Karena hukum tabur dan tuai tetap berlaku dan menimpa atas para penjahat kemanusiaan turun-temurun.”

“Karena itu, bagi Indonesia, cost yang lebih murah tentang penyelesaian persoalan konflik Indonesia dengan bangsa West Papua ialah LEPASKAN rakyat dan bangsa West Papua untuk menjadi Negara Berdaulat dengan jalan damai dan bermartabat.

Syarat-syaratnya yang perlu disepakati ialah: 1. Kerjasama di bidang pertahanan keamanan. 2. Kerjasama dalam bidang ekonomi dan pendidikan. 3. Rakyat Indonesia yang ada di West Papua diberikan jaminan keamanan. 4. West Papua dijadikan Negara tujuan tempat Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Pemerintah dan anggota TNI/Polri sudah saatnya berpikir, melangkah, dan bertindak dengan rasional, realistis, dan profesional. Jangan kita perpanjang kesengsaraan umat Tuhan pemilik negeri dan tanah ini.

Kita harus akhiri penderitaan rakyat West Papua dengan cara bermatabat. Hak hidup dan hak politik mereka harus dikembalikan.”

(Gembala Dr. Socratez S.Yoman). Ita Wakhu Purom, 8 September 2018; 08:01AM.

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Opini, Suara Baptis
2 comments on “Bangsa West Papua Mampu Berdiri Sendiri Tanpa Indonesia
  1. Venny Petrusmatly berkata:

    8000 tahun yang lalu, Indonesia sebelum di jajah belanda 10.000 tahun merdeka kaka

    Suka

  2. Andara berkata:

    Bagaimana mungkin Indonesia harus melepaskan Papua Barat dariwilayahnya. Papua Barat sudah menjadi kesatuan dari Indonesia. Biaya yang lebih murah adalah memerdekakan Papua Barat? Memangnya selama ini Indonesia menjajah Papua? Sedangkan kita tahu pembangunan saja sekarang di Papua sedang gencar sekali…

    Suka

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: