Ketua ULMWP naik banding ke PIF untuk mendapat dukungan


5b8effb920ff5.image

Wenda (kanan) bertukar pandangan dengan Geobjects Global Operations Manager, Paul Montague

MAJALAHWEKO.COM – “Ada dua topik dalam perjuangan Papua Barat; satu – pemimpin Pasifik menghadapi bencana alam dan dua – kami di Papua Barat menghadapi genosida di negara kita. 

“Selain Papua Barat juga menyelamatkan planet ini karena sebagai hutan hujan terbesar kedua setelah Amazon, kita hanya mengatakan secara politik, Papua Barat adalah paru-paru dunia dan dengan menyimpannya; kami juga menyelamatkan dunia. Siapa yang tahu apa yang akan terjadi dalam seratus tahun karena pulau-pulau itu tenggelam. Papua Barat dapat menjadi rumah Pasifik (orang-orang) selama kenaikan permukaan laut. Saya selalu memberi tahu para pemimpin Pasifik bahwa ketika Anda menyelamatkan Papua Barat, Anda menyelamatkan Pasifik. Ketika Vanuatu menyajikan Kasus Papua Barat kepada PIF, adalah doa kami bahwa para pemimpin Pasifik lainnya juga akan mendukung Vanuatu untuk membawa Papua Barat ke Komite Dekolonisasi PBB ”.

Itu adalah pesan dari Ketua Gerakan Pembebasan Inggris Papua Barat (ULMWP), Benny Wenda, ke Sesi ke-49 Forum Kepulauan Pasifik di Nauru minggu ini.

Anggota Parlemen untuk Ambrym Albert William mengatakan apa yang Bapa Walter Lini katakan tentang Papua Barat benar bahwa Vanuatu harus terus mendukung kebebasan untuk Papua Barat.

“Sekarang isu perubahan iklim telah mencapai tahap kritis di Papua Barat dan terutama melihat apa yang terjadi di Australia yang berdekatan sekarang. Tanda-tandanya ada di sana. Itu terlihat, Anda bisa merasakannya, Anda bisa melihatnya. The Great Barrier Reef menghadapi banyak tekanan dari dampak negatif yang berlebihan dari pembangunan. Ini adalah ancaman bagi semua terumbu karang di pulau-pulau itu. Ketika tidak ada karang, tidak ada ikan dan tidak ada makanan untuk umat manusia. Pemerintah Australia tidak memiliki cara lain kecuali melangkah masuk untuk membantu petani yang menghadapi kekeringan sekarang ”.

Itu adalah pandangan MP William, mantan Direktur Departemen Lingkungan Pemerintah Vanuatu.

Dia memasuki Grand Hotel untuk bergabung dengan anggota Eksekutif ULMWP saat merampungkan posisinya menjelang Forum 49 Forum Kepulauan Pasifik di Nauru, di mana perubahan iklim adalah salah satu isu utama dalam agenda.

Berbicara untuk Geobjects, organisasi yang telah mengembangkan perangkat lunak untuk membantu Pemerintah untuk mengelola lingkungan mereka dengan lebih baik sementara Pemerintah mengizinkan perusahaan swasta dan konglomerat internasional untuk mengeksploitasi sumber daya alam seperti apa yang dilakukan perusahaan Amerika dalam melakukan penambangan sumber daya mineral di tambang cor terbuka terbesar kedua di dunia di Free Port Mine di Papua Barat, Manajer Operasional Global Geobjects Paul Montague dari Australia mengatakan keuntungan dari perangkat lunak ini adalah bahwa ia menunjukkan semua dampak dari perkembangan raksasa atau minimal tersebut dan juga memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

Montagne mengatakan perangkat lunak itu dikembangkan untuk membantu Pemerintah di Afrika, Asia, dan Pasifik agar lebih baik melengkapi diri mereka dalam cara mereka membiarkan sumber daya alam mereka dieksploitasi.

Ditanya bagaimana sebuah negara anggota Forum Kepulauan Pasifik (PIF) dapat memiliki akses ke perangkat lunak, Montagne menjelaskan, “Kami akan pergi ke negara-negara yang tertarik dengan produk kami dan duduk bersama mereka dan mencoba dan membangun garis dasar.

Ditanya apakah sebuah negara PIF telah menunjukkan minat pada perangkat lunak, Montagne mengatakan negara-negara lebih jauh termasuk Nigeria dan Chana di Afrika dan Uni Afrika telah menunjukkan minat dalam perangkat lunak.

Sementara tentang masalah Afrika, ia mengatakan tantangan yang dihadapi Afrika mirip dengan Papua Barat di mana perusahaan asing dibentuk untuk memetik manfaat dari sumber daya alam negara-negara tersebut sementara pada akhirnya, meninggalkan kerusakan lingkungan sulit untuk diperbaiki.

Ketua Gerakan Pembebasan Papua Barat Benny Wenda mengatakan negaranya telah menjadi masalah regional dan tidak dapat pergi dari PIF. “Sejauh ini Vanuatu adalah satu-satunya negara yang berbicara tentang penderitaan Papua Barat tetapi sekarang kami membutuhkan lebih banyak pemimpin dari Pasifik untuk mengambil isu Papua Barat. Misalnya Perdana Menteri PNG Peter O’Neil telah menyatakan bahwa Papua Barat harus dibawa kembali ke PBB dan jadi Pasifik harus berkewajiban untuk membawa kasus ini ke PBB, ”kata Wenda.

“Kami tidak meminta Pasifik untuk menyerang Indonesia, kami meminta mereka untuk duduk dan mendiskusikan masalah apakah PBB atau Indonesia benar atau salah. Kita harus meninjau kembali masalah Papua Barat. Sebagai anggota PBB, para pemimpin Pasifik memiliki kewajiban moral untuk membawa kasus ini ke PBB.

Masalah hak asasi manusia di Papua Barat semakin memburuk. Bulan lalu pada bulan Agustus, 49 siswa Papua Barat ditangkap di Papua Barat; pembunuhan dan pemerkosaan oleh tentara Indonesia sedang terjadi. Bahkan bulan lalu di Dunga, ada perpindahan orang Melanesia dan kekejaman manusia, tetapi tidak ada orang di sana yang melaporkan masalah ini sementara Indonesia meyakinkan orang Melanesia, Polinesia dan Mikronesia bahwa mereka adalah orang-orang baik yang mempromosikan demokrasi di pulau-pulau. Tetapi Anda tidak bisa membawa perkembangan di atas penderitaan.

Sumber: 

http://dailypost.vu/news/ulmwp-chairman-appeals-to-pif-for-support/article_908addbc-3104-5ebe-b56f-c4e66c0d41e6.html

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Berita, Internasional

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: