Festival Budaya Lembah Baliem Wamena, Papua 2018


DHZJ723VYAA6BE0

Festival Lembah Baliem Papua (Foto Dok)

MAJALAHWKEO, WAMENA –  Lembah Baliem berada di Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua. Setiap tahun akan di gelar Festival Budaya Lembah Baliem. Hampir setiap tahun festival ini berlangsung pada tanggal 8 hingga 10 Agustus. Tahun 2018 ini, festival tahunan yang unik akan dipusatkan di Distrik Walesi Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. 

Festival-Lembah-Baliem

Festival Lembah Baliem Papua (Foto Dok)

Ini adalah satu kesempatan ketika semua suku yang beragam dari dataran tinggi Wamena dan Lembah Balliem seperti Dani, Lani, dan Yali berkumpul bersama untuk merayakan festival tahunan mereka. Pada kegiatan festival akan banyak pertunjukan yang diperankan oleh beragam suku yang kebanyakan mempersembahkan simulasi perang antar suku maupun keluarga dan beberapa tarian tradisional dari berbagai suku di baliem dan wamena.

15-09-16_20.08.439293

Festival Lembah Baliem Papua (Foto Dok)

Baca juga:

027679900_1470675247-20160808--Festival-Lembah-Baliem-ke-27-Papua-AFP-Photo-06

Festival Lembah Baliem Papua (Foto Dok)

Simulasi perang antar suku tersebut rencananya akan digelar selama dua hari yang menampilkan sekitar 26 kelompok yang terdiri dari 30-50 pejuang. Adegan pertempuran ini diiringi dengan musik tradisional Papua Pikon. Pikon adalah alat musik yang terbuat dari kulit kayu yang menghasilkan suara saat ditiup. Suara yang tercipta menghasilkan musik yang menenangkan. Tidak banyak orang yang bisa memainkan instrumen ini karena membutuhkan keahlian khusus.

Yogotak Hubuluk Motok Hanorogo, Motto Kabupaten Jayawijaya Wamena papua (tabloid wani)

Festival Lembah Baliem Papua (Foto Dok)

Diselenggarakan oleh Kabupaten Jayawijaya, festival ini bertujuan mengenalkan dan melestarikan nilai dan budaya suku tradisional Lembah Baliem. Festival Lembah Baliem akan disempurnakan oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya yang menarik, termasuk tarian tradisional Papua, balap babi, Lempar Tombak Rotan Puradan, permainan Tombak Sikoko, pertunjukan musik tradisional Papua, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga dapat merasakan arti sebenarnya dari orang Papua dengan mengenakan kostum tradisional Koteka dan menghitamkan kulit sehingga mereka juga bisa menjadi bagian dari perayaan.

527349_620

Festival Lembah Baliem Papua (Foto Dok)

Indonesiatrip menyediakan paket khusus Festival Lembah Baliem 2018 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Jayawijaya. Pada trip Festival Lembah Baliem ini anda hanya perlu memesan tiket menuju Jayapura, adapun tiket pesawat Jayapura – Wamena sudah termasuk didalam paket.(Detty Tabuni).

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Tagged with:
Ditulis dalam Aneh Dan Unik, Gaya Hidup, Sosial Dan Budaya, Wisata

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: