Kesadaran akan Ideologi Bangsa West Papua Sudah Bertumbuh Menjadi Sebuah Pohon yang Kuat dan Berakar


Oleh: Patinus R. Wenda, SP

patind

Foto Dok: Patinus Wenda dan Nuken Kogoya

MAJALAHWEKO, – Beberapa waktu yang kita lewati dalam menyambut dan memeriahkan piala dunia kemarin, eksistensi masyarakat indonesia terlebih khusus yang tinggal papua dalam hal memilih dan mengakui kedaulatan negara kesatuan republik indonesia terlihat sangat pudar, mengapa? karena momen piala dunia membuat masyarakat indonesia lebih mengakui negara-negara lain kemudian menjadi idolanya negara lain. dan momen piala dunia membuat sebagian besar masyarakat terutama generasi muda rebutan beli bendera ukuran terkecil sampai dengan terbesar dan stiker-stiker yang berfariasi…walaupun harga jualnyapun cukup mahal. 

Kemudian tempel dan tanam di berbagai tempat., kantor, rumah, gubuk, mobil/motor dinas, hingga gunung-gunung hutanpun terlihat bendera negara lain berkibar begitu bebas dan gagah tanpa ada komando/pengawas dan sekarang gilirannya bagaimana dengan antosiasme masyarakat indonesia yang tinggal di papua untuk menyambut hari ulang tahun republik indonesia tahun 2018 ini?

Baca juga:

Kelihatan tidak nampak atribut NKRI yang terpasang bahkan pembelipun tidak ramai. yang terlihat hingga hari ini hanya kantor, kantor saja! ini baru di kota belum lagi di kampung-kampung tidak perlu dijelaskan.

Dengan demikian, yang terlihat hari ini membagikan atribut hut RI secara paksa yang diperjuangkan oleh pihak berwajib yang berkepentingan dalam NKRI seperti aparatur sipil Negara TNI/Polri yang membagi-bagi bendera merah putih dan dipaksa untuk tanam di depan halaman rumah.

Kemudian di jalanan, jadinya serti tanaman bunga mawar yang tidak beraturan sekalipun bendera kebangsaan jadinya seperti umbul-umbul tanpa ada etika! jadi hari ini, kelihatannya masyarakat yang kita bilang indonesia di papua sudah tidak setia lagi pada NKRI, karena kesadaran akan ideologi bangsa west papua sudah bertumbuh menjadi sebuah pohon yang kuat dan berakar di dasar hati yang sangat subur dan yang pastinya bukan sebuah dongeng.

Sekarang manusia Papua bukan dulu lagi. Yang gampang tutup mulut dan dipaksa seperti kerbau.! tapi kami ahli waris negeri ini dan kami juga punya pilihan.

Waa…Waa…Waa…Waa…

Penulis: Patinus R. Wenda, SP. Sekretaris Gereja Baptis ItahWakur Purom.

Holandia 8agust2018 . pm 12:15.wp

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Berita, Nasionalisme Papua, Opini, Orang Asli Papua, West Papua
2 comments on “Kesadaran akan Ideologi Bangsa West Papua Sudah Bertumbuh Menjadi Sebuah Pohon yang Kuat dan Berakar
  1. OKIKHA berkata:

    Ya tentu papua pasti merdeka saudaraku

    Disukai oleh 1 orang

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Self Determination For West Papua

%d blogger menyukai ini: