Kunjungi Jakarta Menlu Belanda bahas situasi HAM Papua


60handshake1513228_960_720

Ilustrasi, diplomasi, pixabay.co

MAJALAHWEKO, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Belanda, Stef Blok, bahas masalah hak asasi manusia (HAM) di Papua saat bertemu Menlu RI, Retno Marsudi di Jakarta. Selain membahas isu HAM, mereka juga membahas hak perempuan, kebebasan beragama, kebebasan berekspresi. 

“Indonesia-Belanda memiliki DNA hukum yang sama sehingga sering bertukar pengetahuan antar-sesama institusi hukum kita,” kata Blok, dalam pernyataan pers bersama Retno seusai pertemuan di Gedung Kementerian Luar Negeri RI, Selasa, (3/7/2018).

Blok juga turut mengungkapkan belasungkawanya kepada pemerintah dan rakyat Indonesia terkait serangkaian teror yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Meneteri yan baru diangkat Perdana Menteri Mark Rutte pada tahun 2017 lalu itu, menegaskan Belanda berkomitmen meningkatkan kerja sama menanggulangi ancaman terorisme global bersama Indonesia.

Menurut dia Indonesia dan Belanda sama-sama tengah menghadapi ancaman yang sama seperti gelombang eks simpatisan ISIS yang baru kembali dari Suriah dan Irak, serta potensi kekerasan ekstremisme dari dalam negeri sendiri.

“Baru-baru ini Indonesia diterpa serangkaian teror seperti di Surabaya dan beberapa kota lain. Saya ingin menegaskan bahwa Belanda selalu bersama-sama bergandengan dengan Indonesia dalam melawan terorisme internasional,” katanya.

Menteri luar negeri Retno Marsudi mengatakan dalam pertemuan itu keduanya menandatangani letter of intent kerja sama keamanan siber antara Belanda dan Indonesia sebagai langkah awal dan bentuk komitmen antara kedua negara berbagi informasi di bidang hukum dan kebijakan terkait ranah siber.

“Tantangan terhadap keamanan siber telah berkembang dinamis menjadi lebih kompleks dan bersifat global. Keamanan siber telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari usaha melindungi ekonomi dan keamanan nasional,” kata Retno.

Selain keamanan siber, Retno dan Blok turut membahas sejumlah penguatan relasi kedua negara mulai dari kerja sama ekonomi hingga pariwisata. (*)

Sumber Link:

http://www.tabloidjubi.com/artikel-17375-kunjungi-jakarta-menlu-belanda-bahas-situasi-ham-papua.html.

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Berita, Ham, Hukum, Internasional, Orang Asli Papua, Pelangaran Ham, West Papua

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: