Sofyan Yoman : Mendidik Generasi Muda Indonesia Tentang Persoalan West Papua


hut Baptis ke 52 th (10)

Dr. Dumma Socratez Sofyan Yoman. (Presiden Baptis). Foto Nuken/MW

Buku ini jangan kasih orang Asli West Papua. Buku ini khusus dosen dan generasi muda orang Indonesia. Biarkan Kebenaran itu bergema di Pulau-pulau Bornea Besar dan Borneo Kecil

Oleh : Dr. Socratez S.Yoman.

  1. Pendahuluan

Sekitar 10 tahun lalu, saya dengan seorang diplomat asing yang bertugas di Kedutaannya di Indonesia duduk di kantornya. Dia katakan pada saya:

“Pak Socratez, perlu perjuangan cerdas & efektif ialah memberikan informasi yang benar kepada generasi muda orang Indonesia ttg apa yg terjadi di West Papua. Mereka akan belajar dan tahu ttg masalah West Papua dengan benar. Mereka yg melawan penguasa di Jakarta. Karena generasi muda dalam era ini berbeda dengan generasi tua.”

Sudah mulai terbukti pesan teman diplomat ini. Ada orang Indonesia membaca tulisan artikel saya berjudul: “Perdamaian & Rekonsiliasi Permanen” (25 Maret 2018) dan tanggapan sbb:

“Knp berita dr Papua sepertinya di bungkam ya pak. Gak seperti di Jawa ada anak kecil di bunuh, rame bicara..padahal di Papua sering x terjadi…”

“Emang org Indonesa TDK adil terhadap org Papua.. ksh merdeka sudah..toh kita jg TDK serumpun..biarkan org Papua hdp tenang..sambil menikmati kekayaan alam yg Tuhan beri.”

Lebih jauh seorang ilmuwan asal Indonesia berkomentar:

“Satu hal sa simpulkan dari hanpir dua bulan di Papua: masyarakat Papua perlu menentukan nasibnya sendiri. Selama masih di bawah jajahan nkri sulit bagi OAP untuk memajukan Tanah Papua. Semoga referendum bisa jadi kenyataan… God bless Papua.”

  1. Kami Berdiri Di Sini

Saya menulis buku dengan judul: “Kami Berdiri Di Sini” dan saya minta cetak 3.000 buku. Buku sudah siap.

Saya menelepon salah satu pemuda West Papua sedang studi di Jawa. Apakah adik boleh membantu kaka Gembala untuk membagikan buku ini kepada dosen dan mahasiswa orang Indonesia?

Saya pesan,  adik, buku ini jangan kasih orang Asli West Papua. Buku ini khusus dosen dan generasi muda orang Indonesia. Biarkan Kebenaran itu bergema di Pulau-pulau Bornea Besar dan Borneo Kecil. Semoga tulisan ini berguna.

Ita Wakhu Purom, 27 Maret 2018; 09:38 Penulis adalah Presiden Babtis West Papua

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Artikel, Orang Asli Papua, Papua Kedepan, Pelajar Dan Mahasiswa, Suara Baptis, Suara Gereja, Tanah Papua

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: