Lem Aibon Suatu Ancaman Bagi Generasi Muda Papua


Lem-660x330

Ilustrasi Foto

MAJALAHWEKO, JAYAPURA – Tidak hanya minuman keras (miras) dan Narkoba, namun Lem Aibon juga menjadi salah satu ancaman bagi generasi muda Papua. Legislator Papua, Nioluen Kotouki menilai pengguna Lem Aibon di kalangan muda Papua diakhir-akhir ini sudah mulai meng hancurkan generasi muda Papua dan masa depan pembangunan. 

“Jika pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah kabupaten/kota tidak tanggap dengan kondisi anak-anak sekarang, maka sama saja membiarkan rakyatnya menuju kehancuran. Terutama bagi anak-anak sekolah,” kataNioluen Kotouki kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (1/9/2016)kemarin.
Wakil Ketua Komisi V DPR Papua itu menyatakan, pengguna Lem Aibo bisa dipengaruhi karena faktor orang tua telah meninggal dunia atau dilantarkan oleh orang tuanya. Namun pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial agar turun tangan untuk memberikan bimbingan bagi mereka sehingga tidak menyebar kepada anak-anak lainnya, khususnya bagianak-anak sekolah.
Ia menegaskan, pembangunan di Papua ada ditangan para generasi muda,namun apabila mereka dibiarkan maka pembangunan yang diharapkan pemerintah bakal sia-sia. Apalagi pengguna Lem Aibon sudah terjadisejak tahun 1998 hingga sekarang ini.
“Lem Aibon ini dijadikan sebagai pengganti ganja. Mereka isap inikarena merasa tidak ada hukum yang mengatur, sehingga mereka denganleluasan menggunakan Lem Aibon. Padahal, Lem Aibon menghancur saraforang manusia. Jadi kami minta agar dina terkait punya tanggungawabuntuk melihat rakyat,” harap Nioluen.
Jika pemerintah tidak memiliki anggaran untuk penananan pengguna LemAibon, maka diharapkan agar momentum penyusunan APBD Perubahan dapatdilakukan penambahan angggaran.
Sebab menurutnya, kondisi kenakalan anak-anak di Papua sudah mulaimenyebar ke beberapa Kabupaten. Selain di Kota Jayapura dan kabupatenJayapura, juga sudah menyebar di kabupaten Jayawijaya, Merauke,Nabire, dan Biak.
Sambun Nioluen, harapan itu tidak hanya kepada Pemerintah, akan tetapijuga kepada orang harus punya tanggungjawab terhadap anak-anaknya.“Kita selaku orang tua tiak membiarkan anak kita, karena anak kitaadalah masa depan bangsa yang menentukan daerah ini maju atau tidak,”tukas dia.
Menyinggung ada dorongan pembuatan Perda terhadap penjualan Lem Aibon,Nioluen menegaskan, pihaknya belum mengarah kesana. Akan tetapibagaiman pemerintah mengajak agar penjualan Lem Aibon tidakdiperbolehkan di Toko-toko “Lem aibon memang memiliki banyak fungsidan diharapkan agar penjualannya hanya di toko bangunan,” harapnya.(Loy/don)
Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Artikel, Gaya Hidup, Kesehatan, Opini, Papua Kedepan, Tanah Papua
3 comments on “Lem Aibon Suatu Ancaman Bagi Generasi Muda Papua
  1. Ongen jep tabuni berkata:

    MRP,DPRP,DPRD serta Guburnur harus kerja keras tuk Menyelamatkan Generasih.
    Tdk boleh Ninggalin Gitu ajah karna Generasih adalah Ujung tombak Daerah tersebut.

    Suka

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: