Jangan Pernah Mengaku Sudah ke Papua Kalau Belum Makan Pinang Papua


Picture3

Pinang Papua

MAJALAHWEKO,  Makan siri-pinang merupakan sebuah budaya turun-temurun dan juga sekaligus merupakan bagian dari pengikat solidaritas masyarakat papua. Sehingga dimana saja bertemu, saling mengenal atau tidak tetapi kalau ada siri-pinang pasti dengan sendirinya komunikasi akan terbangun secara kekeluargaan, dan juga makan siri-pinang bagi masyarakat papua dapat membuat gigi kita semakin kuat. 

Jika kita melihat, siri-pinang juga bukan merupakan barang yang khas dimakan oleh masyarakat papua saja tetapi setiap orang yang non papua atau yang berwisata ke papua. “kalau belum makan pinang Papua (selain makan papeda/sagu/Ubi) berarti belum ke papua”. sehingga makan siri-pinang merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan sosial masyarakat papua karena bagi orang papua, makan siri-pinang adalah ciri khas budaya masyarakat papua.

Namun disisi yang lain, ada juga masyarakat papua yang tidak makan siri-pinang sama sekali. Makan siri-pinang itu memberikan semangat ketika bekerja. Secara pribadi, makan siri-pinang di papua itu bukan bicara soal budaya lagi melainkan suatu “gaya hidup masyarakat papua”. (Nuken/Admin MW)

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Artikel, Budaya, Gaya Hidup, Tanah Papua, Travel

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: