Sofyan Yoman: NKRI Ko Siapa? Jangan Paksakan Orang Papua


hut Baptis ke 52 th (46)

Sofyan Yoman tenggah, beserta rombongan ketika memberikan salam kepada Umat Baptis di acara penutupan Kongres di Yomaima Wamena. Kamis, 14/12/2017. Foto: Nuken/MW

MAJALAHWEKO, WAMENA – Pada kesempatan pembukaan Kongres PGBP ke-18 ini saya mau tegaskan bahwa: Tidak ada yang namanya OPM, Separatis, KKB, dan Makar disini (Papua). Kata Sofyan Yoman (Presiden Baru Umat Baptis) di Acara Pembukaan Kongres yang ke 18, Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua (PGBP). Senin, 10/12/2017. 

“Siapa bilang orang Papua Separatis, Makar, dan OPM. Tidak ada itu. Yang ada disini hanya orang asli Papua yang punya tanah, ahli waris dan pemilik negeri West Papua ini”.

“Jangan paksakan orang Papua untuk mengakui sesuatu yang tidak kami kenal. Jangan paksakan kami untuk menerima dan mengakui NKRI dan Pancasila. Tidak boleh itu. Kamu bawa Pancasila dan NKRI dari mana itu? Minta maaf, NKRI ko siapa? Orang tua, nenek moyang dan leluhur kami tidak pernah mengenal dan mewariskan yang namanya NKRI itu kepada kami”.

“Dulu orang tua kami pernah hidup tertib dan teratur tanpa NKRI. Dulu orang Papua tanpa Indonesia, mereka buat kebun yang bagus, membuat pagar yang bagus, membuat jembatan yang bagus, membuat rumah yang indah tanpa diajari oleh siapapun.

“Setelah NKRI baru saja masuk disini baru bikin rusak semua. Bikin kacau semua. Bikin rusak sana-sini. NKRI kamu perusak. Gereja Baptis hadir untuk menolong mereka yang tertindas. Gereja Baptis tetap berdiri bersama rakyat West Papua. Kalau ada orang bermain-main dengan umat Tuhan, membunuh, menindas, dan membantai rakyat atas nama NKRI, kami lawan siapapun dia. Oleh karena itu saya serukan kepada para pemimpin gereja, dan gembala umat, jangan diam dan membisu. Jangan jadi Gembala yang pura-pura, munafik, dan penipu. Gembala harus tegas.

Gereja Baptis terus bersuara, sampai rakyat Papua betul-betul merdeka dan bebas dari penindasan oleh NKRI di West Papua. (Kutipan: Dr. Dumma Socratez Sofyan Yoman, M.A)

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Gaya Hidup, Indonesia, Orang Asli Papua, Suara Baptis, Suara Gereja, Tanah Papua, TPN/OPM
2 comments on “Sofyan Yoman: NKRI Ko Siapa? Jangan Paksakan Orang Papua
  1. steffany wijaya berkata:

    Salam Hangat, selamat pagi.
    Suka Main Poker Uang Asli Tetapi Kalah Terus???
    Ayo Gabung Bersama Kami Di Wayangpoker
    MENANG maupun KALAH Tetap mendapatkan Bonus Setiap Hari
    Wayangpoker Situs terpercaya yang sudah lama berada diantara kita semua.
    Minimal DEPOSIT CUKUP DENGAN Rp,20.000
    Minimal WITHDRAW CUMA Rp.40.000
    BBM : 2BE326CC
    http://WWW.WAYANGPOKER.POKER

    Disukai oleh 1 orang

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: