Bertemu Dubes AS, DPRP angkat isu HAM dan kebebasan berpendapat


UTAMA_04_05_2016-Yunus-WOnda

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda

JAYAPURA, MAJALAHWEKO – DPR Papua mengangkat beberapa isu terkait Papua ketika bertemu Duta Besar Amerika untuk Indonesia Joseph R Donovan belum lama ini.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, beberapa hal terkait situasi Papua yang disampaikan di antaranya dugaan pelanggaran HAM yang hingga kini masih terus terjadi di Papua, dan pembungkaman ruang demokrasi atau kebebasan berpendapat di muka umum.

“Apa yang kami sampaikan bukan mengada-ada. Bukan asal-asalan. Itu kondisi yang benar-benar terjadi di Papua sekarang,” kata Yunus Wonda, Jumat (10/3/2017).

Menurutnya, tak dipungkiri hingga kini pembungkaman ruang demokrasi di Papua masih saja terjadi. Akibatnya, kondisi itu selalu disoroti berbagai kalangan, terutama aktivis dan pemerhati HAM di Papua dan luar Papua.

“Selain pembungkaman ruang demokrasi dan pelanggaran HAM, kami juga menyampaikan hak-hak orang Papua yang dituangkan dalam beberapa Perdasus, tapi tidak diakomodir pemerintah pusat,” ujarnya.

Perdasus yang dimaksud yakni Partai Lokal, Perdasus Orang Asli Papua dan Perdasus Rekrutmen Partai Politik di Papua. Tiga Perdasus itu telah disahkan DPR Papua dan Pemprov Papua tahun lalu, namun Kementerian Dalam Negeri menolak Perdasus itu.

“Penolakan Perdasus ini sampai saat belum ada klarifikasi. Langsung ditolak  pemerintah pusat. Dalam waktu dekat kami akan ke Kemendagri mempertanyakan alasan penolakan,” ujarnya.

Sumber: http://www.tabloidjubi.com

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Berita Papua, Ham, Hukum, Orang Asli Papua, Polhukham

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: