Pesona Wanita Papua


vg

Pesona Wanita Papua

JAYAPURA, MAJALAHWEKO – Be your self’ (jadilah dirimu sendiri) sepenggal kalimat dalam bahasa inggris yang selalu dituliskan maupun dikatakan oleh saudara sepupu saya yang berinisial RubeKn Gandeguai #eh. Entahlah orang ini selalu punya posisi khusus dalam komunitas kami yang bernama ‘Matrix V’. Yah sekilas beliau sangat humoris. Coba saja minta saran atau nasehat darinya pasti jawabannya seperti yang diatas. Tapi saat ini saya tidak akan membahas tentang Ruben Gandeguai. Tapi saat ini saya mau menyoroti perempuan Papua. Karena perempuan Papua itu indah ketika menjadi dirinya sendiri.

Wanita

Menurut teman saya salah satu S1 Internasional Kedoteran di salah satu universitas Negri ‘Wanita itu adalah XX (simbol DNA)’, ada juga yang berkuliah di psikologi bilang,wanita itu yang ‘makhluk hidup yang segala sesuatunya menggunakan perasaan’, yang di ekonomi mengatakan ‘pegawai pajak’ dan yang teknik mengatakan ‘Barang Langkah’ ada juga dari magister perdamaian dan keamanan yaitu ‘kasih hancur sa‘,semua jawaban yah benar tergantung dilihat dari kacamata yang mana.  Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia wanita /Wa-ni-ta/ n perempuan dewasa: kaum –, kaum putri dewasa. Kalau menurut kamus bahasa Indonesia seperti itu kalau menurut cinta sendiri , wanita itu adalah orang yang tepat dalam mengetakan segala jenis emosinya dan punya harapan baru di hari esok.

Wanita Papua

Tahukah kamu seberapa manisnya wanita Papua itu ?

Mungkin banyak yang belum tau yah?

Wanita Papua sangat manis, coba saja  dengan menjalin hubungan maksudnya :p… hehehe. Pasti setiap moment bersamanya terasa sangat manis. Hal lainnya Wanita Papua itu sangat unik dengan berbagai kelebihan. Kelebihan yang positive hingga kelebihan yang negative. Kalau dalam kacamatanya cinta. 

Biasanya masa muda wanita Papua sangat produktif. Wanita Papua kalau di kalangan orang Papua biasanya disebut  ‘perem tanah’atau ‘perem suku’ agak kasar sih #ehem. Tapi, Sebenarnya menurut cinta sapaan yang katanya kasar ini bukan tidak ada maksudnya pasti ada maksudnya. Kalau cinta sendiri menanggapinya, di Papua itu secara letak geografisnya dan penyebaran masyarakat asli Papua sangat beragam, ada di lembah, pantai, pegunungan, rawa, pinggiran danau, pinggiran sungai, dataran tinggi, dataran rendah sehingga tantangannya juga beda-beda, yah wajar kalau agak kasar biar bisa tahan banting dalam kepahitan hidup ini. Kan perem tanah manis supaya bisa tetap memberikan rasa manis.

Kelebihan Positif dan Keadaan Negative


Kali ini cinta mau membahas beberapa saja menurut kacamata ribennya Cinta. Cinta punya beberapa teman perem tanah, bahkan Cinta pun perem tanah. Nah , inilah kelebihan positif dan negatifnya :

Tahan banting, coba saja tes banting salah satunya pasti satu kampung turun minta ganti rugi #eh, tidak tapi saat ini bukan tentang kriminalitas tapi ini tentang bertahan hidup perem tanah, mereka sangat kuat dan tangguh , tak kenal lelah apalagi untuk keluarga. Sakit pun dirasa seperti layaknya orang sehat. Hal ini juga dapat dipengaruhi dengan realita hidup di Papua yang memiliki tantangan disetiap wilayah berbeda-beda namun yang menyatukan adalah tuntutan untuk bertahan hidup harus tinggi dam rasa tanggung jawab yang melekat dalam sanubari setiap perem tanah.

2

  1. Postur Tubuh (y), Sebenarnya cinta agak sensitive menulis ini tapi inilah kenyataan bahwa di Indonesia khususnya, yang semok-semok (Kependekan dari seksi dan montok) berasal dari indonesia timur apalagiperem tanah.
  2. Percaya diri, sebenarnya cinta yakin banyak perem tanah yang memiliki skill ini karena kebiasaan hidup interaksi sosial sangat tinggi. Sehingga kemampuan berbicara pastilah tinggi. Apalagi kalau tertawa. Pokoknya paling percaya diri. Hanya saja ruang dan dukungan yang diperoleh masih minim mengakibatkan untuk berdiri di depan umum dan menyatakan aspirasi atau menyampaikan pendapat belum maksimal.
  3. Perhatian, Ini neh yang biasanya terlupakan oleh perem tanah sendiri. Dari point nomor satu secara tidak langsung menjelaskan atau mengarahkan bahwa sebenarnya perem tanah adalah pribadi yang sangat perhatian. Meskipun banyak yang harus diperhatikan tapi tidak akan terlewatkan. Contohnya dahulu atau sampai sekarang masih ada mama-mama Papua (perempuan Papua yang sudah lanjut usia atau yang sudah berkeluarga) yang memiliki anak lebih  dari lima, yang terjadi anak-anaknya relatif aman, jarang sakit dan cukup dalam asupan gizi. Meskipun harus makan singkong dibagi berlima pasti mama memilih tidak  makan.
  4. Memilih Diam. Ini salah satu kelebihan negatif, Cinta sangat menyayangkan karena beberapa perempuan Papua memilih diam ketika berhadapan dengan kekerasan entah itu di lingkungan keluarga maupun bermasyarakat. Kekerasan yang terjadi bukan saja fisik dan mental serta seksual. Namun perem tanah sendiri sepertinya belum punya keberanian untuk mengungkapkannya di ruang yang lebih luas.

Contohnya Cinta pernah mengalami kekerasan mental yang mengarah ke seksual. Saat ini cinta tidak mau hanya menceritakan hal ini di kalangan teman-teman namun cinta mau publik pun mengetahui hal ini.

Beberapa kali cinta bertemu dengan Bapak-bapak yang berasal juga dari Papua. Entah itu terletak di luar Papua maupun di Papua. Ada beberapa yang menanyakan beberapa pertanyaan yang seakan-akan cinta dapat dibayar untuk melakukanhubungan intim dan hal ini sangat membuat cinta merasa kecewa dan marah. Bagaimana cara Cinta merespon (tolak)?  kadang mencaci maki, kadang tertawa dan menyinggung secara halus. 

Yah itulah cinta , dari pada cinta pukul dia?  ‘ternyata ini yang terjadi selama ini?’ cinta berkata di dalam hati. Bukan hanya karena cinta yang diperlakukan seperti itu, tapi cinta yakin banyak  perem tanah di luar sana yang diperlakukan seperti itu, bahkan bukan saja dari Bapak-bapak tapi pemuda-pemuda jahil pun sering melakukan hal demikian. Bukan hanya ini. Cinta pernah menyaksikan film ‘Tanah mama’ bagaimana Laki-laki Papua sebagai suami(bapak hosea) seakan tidak peduli terhadap isteri (mama Halosina) dan anak-anaknya, adapula di film dokumenter ‘Voice Of Papua, Volume I’ yang menunjukan bagaimana tentara-tentara NKRI yang ditugaskan di pedalaman merauke, Papua, mengamili wanita muda di sana dan pergi meninggalkan mereka begitu saja, ketika kembali ke kampung halamannya . 

Inilah realita yang ada di kalangan perem tanah. Di luar dari ini ada juga yang tidak mengalami hal demikian di kalangan perem tanah. Namun pesan dari cinta adalah satukan hati kita sebagai perem tanah dimana pun kita berada maupun apapun status sosial kita . Kita harus bangkit lihat dunia tidak sebesar yang kita bayangakan tapi sebesar daun kelor , sehingga untuk berkarya di negri sendiri atau negri lain bukanlah hal yang sulit. Terus ceritakan kekerasan apa yang pernah kamu alami , terus bekerja , jangan malu, jangan sesali keadaan . Percaya diri saja jangan mau disamakan atau menjadi diri orang lain.

Wanita yang Menjadi Dirinya Sendiri

Wanita Papua perlu menyadari bahwa dirinya adalah burung Cendrawasih, karena keindahaannya disebut burung surga. Karena keindahan perem tanah maka disebutperem surga. Masa perempuan dari surga yang levelnya malaikat mau menyamakan dirinya seperti Perempuan-perempuan dibumi?.

Kalau sampai hal itu terjadi berarti sayapnya yang indah sudah dipatahkan dari perempuan-perempuan di bumi. Nah, supaya tidak sampai patah parah bahkan hancur cobalah melakukan saran Cinta coba berdiri di depan kaca 2 meter lihat seluruh tubuhmu dan pegang satu-satu sambil bersyukur dan katakan ‘terimakasih sudah menjadikan roh ini terlihat nyata di depan banyak orang dan terlihat lebih eksotik’, lalu tarik napas dan katanya ‘lebih baik saya berbeda dari pada sama seperti yang lain,toh saya bukan perem bumi :p’.

Lalu yakinlah masih ada kesempatan untuk kita semua untuk memperbaiki atau memulai sesuatu. Sekarang jangan Percaya ‘NASI TELAH MENJADI BUBUR’ maka semua kesalahan dalam hidup kita hanya menjadi mimpi buruk, tetapi coba berpikir bahwa ‘BUBUR JUGA BISA MENJADI NASI’ dengan metode seperti apa? Salah satu metodenya adalah jangan dengar dan pikirkan apa yang dikatakan lingkungan yang buruk namun dengarlah kata hati dan lingkungan baik, yang ingin kamu merasakan kesempatan –kesempatan indah berikutnya. 

Saran juga untuk Cendrawasih yang berlawanan jenis kelamin sayangi dan dukung perem tanah untuk muncul ke permukaan jangan hanya lewat perkataan tapi tindakan juga. Lalu STOP KEKERASAN terhadap PEREMPUAN PAPUA karena kalau pasangan yang jaga surga sama-sama sayap patah? Berarti ayam-ayam akan beranak cucu dan menguasai Surga yang terjadi populasi ayam bertambah dan Cenderawasih akan dimusnahkan atau salang memusnahkan. Masa baru Cendrawasih jantan,  Ruben Gandeguai yang bilang, perempuan Papua jadilah dirimu sendiri. Jadi ayo Cendrawasih jantan yang lain mana suara indahnya ????

❤ Sekian ❤

“Se-gila apapun ko,se-misteriusnya ko,

yang penting  ko sadar kalau ini ko pu diri bukan diri orang lain. ‘Jadikanlah  dirimu perem tanah yang bangga dengan diri sendiri ,dan jadikan orang lain juga menjadi dirinya sendiri”

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Artikel, Opini, Perempuan Papua
2 comments on “Pesona Wanita Papua
  1. FAP Creativity berkata:

    Like & Menarik.

    Sobat ada lomba show Pop singers, Pidato dan Show Model ni.
    Silakan bergabung dengan kami di FAP Creativity http://www.forumanakpana.info

    Disukai oleh 1 orang

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: