Di PBB ICP Membicarakan Kondisi Ham Di West Papua


16681967_425353987806929_872917151200033082_n

Sumber FB: Veronika Koman FB,Jenewa.

JAKARTA, MAJALAHWEKO – Berkesempatan untuk bicara di 2 panel tentang kondisi HAM di West Papua yang diselenggarakan oleh International Coalition for Papua di Jenewa. Acara dihadiri oleh sekitar 80 organisasi internasional, para diplomat dan orang-orang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada intinya poin Ungkap Veronica Koman di Jenewa :

Kesatu: Berbagai jenis kasus pelanggaran HAM terutama terhadap KNPB yang merupakan organisasi yang paling dipersekusi oleh pemerintahan Indonesia saat ini.

Kedua: Pelanggaran HAM makin parah karena negara gagal menyelesaikan konflik di West Papua, akibat dari negara menolak untuk mengakui akar konflik yaitu manipulasi sejarah tahun 1960an. 

Ketiga: Terhadap KNPB terjadi setidaknya pelanggaran hak atas kebebasan berekspresi, hak untuk tidak disiksa, hak atas hidup, kebebasan berkumpul, hak atas pekerjaan, hak atas pendidikan, hak atas kesehatan.

16939454_425354641140197_1086258010105402555_n

Sumber FB: Veronika Koman FB,Jenewa.

Keempat: Berdasarkan hukum internasional, hak untuk menentukan nasib sendiri tidak terbatas pada status politik; namun juga untuk menentukan apa yang hendak dilakukan atas tanah dan hutan mereka sendiri, bagaimana mereka mau memerintah mereka sendiri. Semua ini tidak dihargai oleh pemerintah.

Kelima: selama West Papua masih bagian dari Indonesia, maka negara harus menghormati hak konstitusional orang West Papua.

Beberapa diplomat Indonesia berusaha membantah, namun sepertinya mereka yang kalah telak. Saya mengakhiri presentasi saya termasuk jawaban balik ke diplomat Indonesia dengan kata “lolipop” ketika ungkap Veronica Koman  bilang bahwa Otsus itu hanyalah lolipop.

Waa.. waa.. waa..!


Sumber FB: Veronika Koman FB,Jenewa.

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Internasional, Papua Merdeka, PBB, West Papua

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: