Polres Jayapura Amankan Tiga Orang karena Diduga Money Politics


6ffdd2a6-1593-440f-b949-5a9bb0c28198_169

Ilustrasi foto

JAYAPURA, MAJALAHWEKO – Kepolisian Resor Jayapura mengamankan tiga orang anggota tim sukses salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati. Mereka adalah anak salah satu calon wakil bupati bersama dua anggota tim suksesnya. 

Kapolres Jayapura AKBP Gustav Ubinas mengatakan ketiga orang itu ditangkap lantaran tertangkap tangan hendak membagikan surat undangan dan uang kepada calon pemilih. 

“Ketiga orang tersebut diamankan lantaran tertangkap tangan hendak membagikan surat undangan dan uang kepada masyarakat yang diduga merupakan mobilisasi massa di Hotel Merbau, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura,” kata AKBP Gustav Urbinas, Rabu (15/2/2017). 

Ketiga orang tersebut masing-masing berinisial HW, GK, dan LP. Hingga saat ini mereka masih dimintai keterangan oleh petugas Sentra Gakkumdu Polres Jayapura. Petugas Gakkumdu juga mengamankan barang bukti berupa ribuan surat suara dan sejumlah uang tunai.

“Seharusnya undangan C6 dibagikan oleh pihak penyelenggara, tapi kenyataan oknum ini mengumpulkan semua undangan dan membagi kepada masyarakat, yang notabene mobilisasi massa,” katanya.

Dikatakan, pelanggaran yang dilakukan oleh ketiga oknum ini merupakan pidana murni, bukan pelanggaran administrasi. 

“Masalah pidana harus diproses hukum. Apalagi yang dilakukan oleh oknum ini secara terang-terangan membagi surat undangan tanpa melalui pihak penyelenggara,” Gustav. 

Ketiga orang itu diduga melanggar Pasal 31 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Apalagi salah satu yang tertangkap ini merupakan keluarga dari salah satu calon wakil bupati. 

“Yang bersangkutan sudah jelas mengarahkan massa, sehingga wajib diproses hukum,” ujarnya. 
(erd/erd)

Perihal

"Bermimpi boleh saja. Tapi, jangan lupa untuk bangun dan kejar mimpi itu"

Ditulis dalam Berita, Politik

Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan. Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: